PT.BPR BKK Kebumen (perseroda) merupakan salah satu Lembaga keuangan di Kabupaten Kebumen milik Pemerintah Daerah dalam bidang Perbankan dalam kegiatan usaha sebagai Bank.


Assesmen kepala Bidang dan Pimpinan Cabang

Assesmen Tingkat Kasi



 Di era globalisasi sekarang ini karyawan yang produktif sangatlah diperlukan. Kebutuhan karyawan yang memiliki kinerja tinggi ini diperlukan oleh PT. BPR. BKK Kebumen guna mempertahankan keberlanjutan eksistensinya.


Hal inilah yang menyebabkan PT. BPR. BKK Kebumen membutuhkan karyawan yang memiliki potensi kerja dan motivasi yang tinggi guna mencapai tujuan sebuah Bank Perkreditan Rakyat di masa mendatang. 

Berawal dari potensi kerja karyawan dan motivasi yang tinggi inilah PT. BPR. BKK Kebumen Memiliki karyawan yang berkinerja baik.

PT. BPR. BKK Kabupaten Kebumen bersinergi dengan 3D Consultan Center For Learning Culture menggelar asesmen yang diikuti karyawan karyawati sejumlah 43 peserta yang bertempat di Aula Kantor BPR. BKK lantai 3, jalan HM. Sarbini no 30 , Kabupaten Kebumen, kamis ( 04/02/2021).

Asesmen dilaksanakan pada 11 Desember 2020 untuk Kepala Bidang dan Pimpinan cabang dan   1-4 Februari 2020 untuk Kasi Pelayanan , Kasi Pemasaran dan kasubid yang dimulai dari pukul 0.8.00 - 17.00. Materi asesmen meliputi Test Kompetensi dan test potensi umum.

Tahapan proses dari psikotes, interview dan diskusi. Peserta di bagi dua batch dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat selama empat hari untul level Kasie.

Materi kompetensi terkait kinerja, psikotes dan pembahasan kasus, materi tentang kondisi bank sehari hari.

Theresia Dewi Setyorini dari 3 D Consultan Center For Learning Cultur Semarang sekaligus sebagai Ketua asesor asesmen menjelaskan,

"Setiap organisasi dalam situasi perubahan saat ini perlu memetakan kompetensi karyawan guna mengkaji kesiapan dalam menghadapi perubahan, apa saja yang perlu dipersiapkan," ucapnya.

Menurutnya memetakan kemampuan karyawan akan memberikan referensi untuk menetapkan kebijakan yang  paling tepat sehingga organisasi dapat lebih tepat dalam menetapkan strategi perubahannya.

"Terlebih dalam situasi pandemi saat ini, timingnya menjadi lebih pas program pengembangan apa yang dibutuhkan sehingga karyawan dapat lebih siap dan pada akhirnya dapat diajak berlari mengikuti perubahan," Tutup Dewi.

Pada Kesempatan terpisah Kabidum SDM PT. BPR. BKK Kebumen, Wahono menjelaskan tujuan diadakan asesmen bagi Kasie dan Kabid BPR BKK Kebumen diantaranya untuk mengetahui sejauh mana potensi dan kompetensi Sumber Daya Manusia ( SDM) di.PT. BPR. BKK kebumen.

"Dengan diadakan asesmen terhadap SDM di PT.BPR BKK Kebumen kami berharap agar SDM di PT. BPR BKK Kebumen siap dan mampu berkompetisi di tingkat wilayah Kab. Kebumen khususnya dalam rangka meningkatkan kinerja perusahan sehingga target lima tahun kedepan bisa meraih aset yang merupakan tujuan perusahaan sebesar satu triliun," Ujar Wahono.

Menurutnya terkait produk yang sudah jalan, kami meluncurkan produk tabungan seperti Tabungan Pelajar, Tabungan Masyarakat Desa ( Tamades ) ada juga tabungan yang ada jangka waktunya seperti tabungan harapan, disini ada kontrak jangka waktu minimal satu tahun, kalau sebelum jangka waktu satu tahun belum bisa dicairkan, tapi ini sifatnya tabungan, bukan deposito.

"Di sini deposito ada sendiri termasuk jangka waktu jatuh tempo dalam pengambilannya ada sendiri. misal satu bulan tigan hulan, Enam bulan sampai satu tahun dan bisa diperpanjang secara otomatis dan produk lainnya tentunya produk kredit yang mampu melayani masyarakat UMKM dalam pengembangan perekonomian daerah di Kebumen," papar Wahono.

"Dalam penyelenggaran asesmen oleh 3D Consultan Center For Learning Cultur dari tim Ibu Dewi Setyorini, bagi kami sangat berkesan sekali, tentunya sangat membantu pengembangan pola pikir dan SDM dalam meningkatkan pengetahuan terutama untuk meningkatkan kinerja selama tingkat persaingan antar BPR di wilayah Kebumen sendiri semakin ketat," pungkasnya.